Bagaimana Internet Berjalan

          Saat ini dengan mudahnya kita mengakses internet dimana – mana baik di perkotaan maupun di daerah – daerah terpencil sekaligus, namun sayangnya mereka hanya bisa menggunakan atau memfasilitasi applikasi – applikasi yang sudah tersedia dalam Intenet tersebut, seperti pada Mozila, Google, Facebook, maupun applikasi lainnya. Sedikit sekali dari  mereka yang memikirkan bagaimana Internet itu bisa berjalan maupun hal – hal yang  bisa menerobos kita mengantarkan  pada penelusuaran internet tersebut.

Mereka mungkin belum mengerti batapa penting aturan2 di dalam proses kerja internet.

Dan saya mencoba untuk mencoba menjelaskan terkait dengan hal tersebut.
4 unsur penting dalam proses kinerja internet :
     1. User
     2. Client server(browser)
     3. TCP/IP
     4. Server

Penjelasan :

1. USER
pengguna/user adalah orang yang melakukan permintaan/request sebuah alamat sebuah situs.
2. CLIENT SERVER (BROWSER)
client server merupakan sebuah aplikasi yang berfungsi sebagai sebuah mesin pencari (browser) dimana sebuah situs atau informasi berada.
3. TCP/IP
IP adalah kode atau sebuah alamat yang dapat membantu agar sebuah permintaan akan mendapatkan jawaban yang sesuai
4.  SERVER
Server (otak) adalah pusat dari semuanya, di server lah tempat penyimpanan data dan disini data diolah dan dikirim kembali sesuai permintaan atau request.

CARA KERJA INTERNET

22

Penjelasan untuk gambar cara kerja internet diatas adalah:

Misalkan saya adalah seorang USER dan ingin membuka sebuah situs, dalam hal ini misalnya http://www.google.com dari sebuah komputer yang berda di sebuah warnet, URL atau REQUEST yang saya ketik melalui aplikasi WEB BROWSER yang kali ini dipakai adalah Mozilla firefox 3.0,  maka URL/ alamat yang saya tadi ingin masukkakn di klik di kolom (www) atau world wide web yang merupakan sebuah arsitektur krja untuk memasuki dokumen yang saling berhubungan.
Setelah URL atau nama situs itu dimasukkan di mesin pencari(mozilla) maka akan secara otomatis “jika komputer terkoneksi” DATA/URL akan terkirim dan akan memasuki wilayah kerja TCP/IP di sini data akan diperiksa sesuai alamat dan permintaannya. Dan server akan mengambil HEADER/judul sebagai patokan pencarian sehingga jelas dan tidak rumit setelah itu body akan di sesuaikan dan server akan memberikan data yang minta melalui alamat IP asal request tersebut jika data ada dan tidak valid ke client server sebelum akhirnya kembali lagi ke user.

Masukkan Tanggapan Mu...!!!